Rabu, 13 Maret 2013

Posted by Unknown On 11.07
Kosmetik memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kaum hawa. Kosmetik sangat penting untuk menambah kecantikan serta memberikan rasa percaya diri. Berbagai macam kosmetik tersedia untuk mempercantik para wanita, misalnya bedak, lipstik, eye shadow, day cream, night cream, dll. Namun, jika anda salah memilih produk kecantikan yang anda gunakan, alih-alih menjadi cantik, anda akan menderita berbagai macam penyakit yang bsia ditimbulkan oleh zat kimia dari kosmetik tersebut. Di bawah ini merupakan tips yang akan membantu anda memilih kosmetik yang tepat dan aman untuk kulit.

Kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit

Pertama, sebelum membeli kosmetik, anda harus mengenali jenis kulit anda terlebih dahulu. Jenis kulit yang kering membutuhkan kosmetik yang berbeda dengan jenis kulit normal atau berminyak.

Pilih kosmetik yang berkualitas

Setelah mengetahui jenis kulit, selanjutnya anda harus berhati-hati terhadap kualitas kosmetik yang akan anda beli. Di luaran, banyak beredar kosmetik yang tidak bermerk dan tidak diketahui asal-usul serta komposisi bahan penyusunnya. Meskipun secara harga kosmetik seperti ini jauh lebih murah, namun anda harus berhati-hati karena kosmetik illegal itu mungkin saja mengandung merkuri serta zat-zat lain yang berbahaya bagi kesehatan kulit anda. Solusinya, pilih kosmetik yang terpercaya dan lulus tes kesehatan atau teregistrasi badan POM.

Baca informasi yang tertera

Ketika membeli kosmetik, bacalah dengan cermat informasi yang tertera pada kemasannya, baik itu fungsinya, kandungan-kandungan zatnya, cara penggunaan, hingga tanggal kadaluarsa produk tersebut. Untuk menguji kandungan produk kecantikan, sebelum membelinya, anda bisa mengetesnya dengan mengoleskan pada tangan atau bagian leher. Jika kulit anda merasa tidak nyaman, jangan membeli produk tersebut. Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan yang kebutuhan kulit anda dan gunakan sesuai denangan petunjuk yang tertera. Seaman apapun sebuah produk kecantikan, tetap saja mengandung zat-zat kimia yang bila dipakai terus-menerus dan berlebihan, akan meresap ke dalam kulit sehingga bisa menimbulkan efek negatif untuk anda. Selain itu, jangan membeli produk yang tanggal kadaluarsanya sudah dekat mengingat bahwa kosmetik biasanya digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini untuk menghindari kerugian anda karena harus mengganti produk sebelum ia habis dan terlebih lagi untuk menghindari dampak negatif yang bisa ditimbulkannya.

Tanda kosmetik tidak cocok di kulit anda

Tidak semua kosmetik memberikan efek yang sama pada setiap orang. Sebuah produk yang cocok untuk kulit seseorang mungkin saja tidak akan cocok untuk kulit orang lain. Disinilah pentingnya mengenali jenis kulit anda. Jika sudah terlanjur membeli sebuah produk, anda harus mengenali gejala-gejala yang menunjukkan bahwa kosmetik tersebut tidak cocok untuk kulit anda. Bila pada saat menggunakan produk anda merasa gatal-gatal, warna kulit kemerah-merahan, nyeri, bahkan melepuh, itu tandanya produk tersebut tidak cocok dengan karakter kulit. Segera hentikan pemakaian dan periksakan kulit anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar