Rabu, 13 Maret 2013

Posted by Unknown On 10.58
Keputihan adalah hal alamiah yang akan dialami oleh setiap wanita. Keputihan dapat terjadi karena adanya kombinasi dari sel dan cairan yang keluar dari liang "Miss V". Keputihan memiliki kegunaan tersendiri bagi kita. Kegunaan pertama adalah untuk membersihkan "Miss V" secara alami. Selain itu keputihan juga menjadi pelindung alami bagi organ kewanitaan kta. Biasanya pada periode tertentu ada tanda khusus yang ditunjukkan oleh keputihan. Warna serta konsistensi dari keputihan dapat bervariasi. Kepuithan dapat berwarna putih hingga lengket. Keputihan juga dapat berair jelas dan biasanya nampak antara periode menstruasi. Siklus ini akan sesuai dengan siklus reproduksi tiap wanita. Cairan keputihan juga dianggap normal saat dikeluarkan pada masa kehamilan. Berikut akan dibahas lebih mendalam agar kita lebih mengenal keputihan.

Ciri-Ciri Keputihan Normal

Ada beberapa hal yang dapat menjadi indikasi bahwa keputihan yang keluar dari tubuh masih dalam batas normal atau wajar. Yang pertama adalah keputihan yang normasl tidak berbau. Keputihan yang bersifat normal tidak disertai dengan rasa gatal, panas, sakit serta kemerahan. Jika anda menjumpai rebuhan lain pada warna keputihan, hal tersebut dapat menjadi indikasi anda terkena infeks pada "Miss V". Gadis remaja juga dapat mengeluarkan keputihan dalam jumlah besar sebagai efek dari kadar hormon tinggi saat masa pubertas. Keputihan ini juga dapat terjadi karena penggunaan pil KB.

Mengetahui Keputihan yang Bersifat Abnormal

Ketika kita berbicara mengenai gejala keputihan yang abnormal, ada beberapa hal yang dapat dikatakan sebagai penyebabnya. Penyebab umum dari keputihan abnormal adalah infeksi dari jamur maupun adannya bakteri seperti bacterial vaginosis. Selain itu penyebab lain dari adanya keputihan yang bersifat abnormal adalah pertanda adanya penyakit menular se*sual. Ada beberapa penyebab umum munculnya keputihan yang bersifat abnormal. Yang pertama adalah pemakaian tisu untuk membasuh daerah kewanitaan. Penggunaan tisu dianggap kurang membersihkan daerah kewanitaan anda. selain itu penggunaan pakaian dalam sintetis yang terlalu ketat juga dapat memicu munculnya keputihan yang abnormal. Selain itu kebersihan yang tidak terjaga juga dapat menyebabkan munculnya keputihan yang tidak abnormal. Menggunakan kloset pada WC umum yang kotor, tidak mengganti pembalut dan pantyliner secara berkala, menggunakan handuk yang kotor, adalah beberapa penyebab keputihan yang tidak abnormal. Stress dan tidak menjaani pola hidup sehat dapat memicu anda terserang keputihan yang tidak normal. Ada banyak penyebab lain seperti sering berganti-ganti pasangan dalam berhubungan se*sual, tidak menerapkan pola hidup sehat adalah beberapa penyebab umum munculnya keputihan yang tidak abnormal. Waspadai jika anda menjumpai keputihan dengan warna kehijauan atau kekuningan yang kental serta banyak. Selain itu waspadai jika keputihan berbau menyengat. Jika muncul warna kemerahan, panas, serta pembengkakan pada "Miss V" waspadai hal tersebut. Jika gejala tersebut nampak, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan dengan segera.

0 komentar:

Posting Komentar